Sabtu, 26 April 2014

Janji Taekwondo Indonesia Dan Maknanya

Janji Taekwondo Indonesia

Kami Taekwondoin Indonesia, Berjanji:
  1. Menjunjung tinggi nama bangsa dan negara republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
  2. Mentaati azas-azas Taekwondo Indonesia.
  3. Menghormati pengurus, pelatih, senior dan sesama Taekwondoin dalam mengembangkan Taekwondo Indonesia.
  4. Selalu berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam menjaga nama baik Taekwondo Indonesia.
  5. Menjadi pembela keadilan dan kebenaran.
Makna Janji Taekwondo Indonesia:
Janji Taekwondo Indonesia, dalam tata tertib latihan Taekwondo, harus diucapkan setiap akan memulai latihan. Dengan tujuan agar para taekwondoin dapat mendalami makna yang terkandung di dalam janji taekwondo dan terpatri di dalam hati setiap taekwondoin Indonesia.
Yuk kita sama-sama memaknai dan menjiwai setiap butir dari janji taekwondo indonesia, lalu kita dapat memenuhi janji kita ini dalam kehidupan kita sehari-hari.
      Janji yang pertama, "Menjunjung tinggi nama bangsa dan negara republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945."
      
Janji yang menunjukkan bukti kecintaan kita terhadap tanah air, tumpah darah kita. Bahwa kita akan membela dan mengharumkan nama Indonesia layaknya para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk Indonesia pada masa penjajahan dulu. Hal ini dapat menumbuhkan sikap patriotisme bagi para taekwondoin.
Janji yang kedua, "Mentaati azas-azas Taekwondo Indonesia."
      Para Taekwondoin berjanji untuk taat pada azas atau prinsip dasar dalam Taekwondo Indonesia. (Azas azas taekwondo Indonesia akan kita bahas di SINI ) yang akan membuat kita menjadi pribadi yang baik, berdisiplin tinggi, dan pantang menyerah.
       Janji yang Ketiga, "Menghormati pengurus, pelatih, senior dan sesama Taekwondoin dalam mengembangkan Taekwondo Indonesia."

Kita berjanji untuk selalu menghormati pengurus, pelatih, senior dan sesama Taekwondoin untuk bersama-sama mengembangkan Taekwondo di dojang, daerah bahkan Indonesia. Sehingga timbul kekompakan dan persaudaraan yang saling menghormati dan memperkuat tali silaturahin antar sesama Taekwondoin.
      Janji yang Keempat, "Selalu berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam menjaga nama baik Taekwondo Indonesia."
      
      Taekwondoin belajar untuk jujur dan bertanggung jawab atas segala ucapan dan tingkah laku nya, agar tidak mencoreng nama baik Taekwondo Indonesia.
      Janji yang Kelima, "Menjadi pembela keadilan dan kebenaran."
      
Para Taekwondoin belajar untuk saling tolong menolong, berlaku adil dan membela kebenaran.
      (berbagai sumber)

5 komentar: