Rabu, 30 April 2014

Teknik Dasar TAEKWONDO Dollyo Chagi (Tendangan Dollyo)

Dollyo Chagi

Tendangan Dollyo atau yang lebih sering kita sebut Dollyo Chagi dalam bahasa inggris nya "Round House Kick" dalam bahasa indonesia nya, sering juga diartikan, tendangan melingkar (memutar) ke depan.

Mungkin pengertian tadi terkesan agak kaku tapi jika melihat teknik dari Dollyo chagi ini, memang inti dari tendangan ini ada di putaran pinggang, dan putaran pinggang inilah yang membuat power dari tendangan ini cukup besar.

Dollyo Chagi di dalam bela diri TAEKWONDO adalah salah satu tendangan paling dasar yang diajarkan pada tingkatan sabuk PUTIH dan merupakan pondasi dari berbagai variasi tendangan tingkat lanjut. karena begitu banyak tendangan variasinya, dan tingginya efektivitas tendangan ini di dalam pertarungan atau pertandingan, maka dollyo chagi menjadi tendangan yang sangat penting. Karena itulah, untuk teknik dasar, yang akan kita bahas pertama kali adalah: DOLLYO CHAGI.

Berikut adalah pembahasan teknik dasar dolyo chagi yang baik dan benar, bagi yang sudah belajar dollyo chagi, yuk kita periksa lagi apakah dollyo chagi kita sudah benar...

GAMBAR 1 (5 langkah dollyo chagi)
 Ada 5 langkah dalam berlatih Dollyo Chagi, yuk kita bahas satu per satu:
- Langkah 1: Dari posisi Kyorugi Junbi (Kuda-kuda bertarung) angkat lutut lurus ke depan, badan      tetap tegap menghadap ke depan. Lihat bentuknya pada gambar no. 1
- Langkah 2: Putar Pinggang sehingga lipatan kaki mendatar ke depan, lihat bentuknya pada gambar atas no 2, dan tumit pada kaki tumpuan (poros) dorong ke depan, lihat gambar di bawah ini:


GAMBAR 2 (Posisi Kaki Tumpuan)
- Langkah 3: Sentak kaki lurus ke depan, hingga membentuk sudut sekitar 45 derajat.
- Langkah 4: Lipat lagi kaki yang menendang, biasanya di sebut SNAP.
- Langkah 5: Tarik kaki yang menendang ke belakang kalau melatih satu kaki di tempat (boleh juga ke depan, kalau ingin langsung ganti kaki, maju ke depan)

Kurang puas dengan penjelasan di atas, biar lebih mudah belajarnya, sekarang admin ajak teman2 Taekwondoin melihat Video Belajar Dollyo Chagi.
Demikian pembahasan teknik tendangan dasar TAEKWONDO, Dollyo Chagi atau tendangan memutar ke depan. Jika teman2 mau ikut menambahkan bagaimana tips dan trik berlatih dolyo chagi atau ada pertanyaan bagi yang belum jelas, silahkan isi komentar di bawah ini.



(dari berbagai sumber)

3 komentar: